Warning: imagejpeg(): gd-jpeg: JPEG library reports unrecoverable error: in /home/hikaruyu/public_html/wp-includes/class-wp-image-editor.php on line 419

Warning: imagejpeg(): gd-jpeg: JPEG library reports unrecoverable error: in /home/hikaruyu/public_html/wp-includes/class-wp-image-editor.php on line 419
 


Twitter Bukan Tempat Sampah SMS Online

Posted in: Teknologi Informasi,Tren Hidup |

This post is also available in: English

Hentikan menyampah di Twitter

Hentikan menyampah di Twitter

This post is also available in: English

Yah, sesuai judulnya saya merasa Twitter bukan tempat untuk SMS secara online. Walau pun memang dimudahkan untuk berkomunikasi via Twitter, dengan mudah men-tag orang melalui mention, reply, retweet orang lain, tetapi Twitter tidak seharusnya digunakan untuk itu.

Sesuai namanya MicroBlogging, mudahnya berarti Blog mikro atau singkat sekali dan Blog sendiri berasal dari Web-Log yang artinya catatan harian (log) yang ada di web. Di sini catatan harian (log) tidak sama artinya dengan pesan singkat (text message/short message). Sayangnya, banyak orang menganggapnya sama, sehingga menggunakan Twitter sebagai ajang tempat ber-SMS ria secara online. Apapun yang sedang dilakukan, sedang dimana, bersama siapa, atau apalah yang tidak penting atau sarkasmenya sampah semua di-tweet di Twitter.

Etika ber-Internet memang benar-benar sangat kurang di Indonesia ini, sedari kecil diperkenalkan tentang teknologi informasi, internet, dan lain sebagainya, namun tidak diajarkan tentang etikanya. Terutama yang penting adalah etika dalam bersosialisasi online, seperti di Facebook dan Twitter. Twitter seharusnya tempat mengisi catatan singkat yang penting, seperti layaknya News Ticker. Saya sendiri memikirkan etika dalam isi tweet secara singkat seperti berikut.

  • Jangan gunakan Twitter untuk ngobrol atau chatting!
    Twitter bukanlah tempat ngobrol, bila perlu ngobrol gunakanlah aplikasi chat seperti YM, GTalk, Facebook chat, dll. Semua sudah ada tempatnya. Tidak semua orang ingin melihat semua tweet kita yang tidak penting. Informasi penting malah akan tidak akan terlihat karena tergusur paling bawah di timeline karena tweet-tweet tidak penting sehingga secara tidak sadar merugikan orang lain, sadarkah anda?
  • Gunakan Direct Message untuk hal pribadi!
    Twitter menyediakan fasilitas direct message atau pesan langsung bila Tweet kita hanya ditujukan untuk orang-orang tertentu saja, jadi tidak semua orang membaca dan berimbas di timeline seseorang. Apalagi bila benar-benar hal pribadi atau informasi penting, lewatkanlah melalui direct message.
  • Nge-Twit secara wajar dan pentingkan kualitas bukan kuantitas!
    Mau eksis bukan berarti bercuap-cuap sampai berbusa-busa di Twitter. Tidak mau dibilang gaptek bukan berarti menyampah di Twitter. Sebenarnya orang yang gaptek kemudian baru tahu Twitter lah yang ikut-ikutan ngobrol hal tidak penting di Twitter karena ingin dianggap tidak gaptek. Padahal dengan cara seperti itu malah ketahuan gapteknya. Gaptek selain melek teknologi juga harus melek etika berteknologi, kalau tidak tahu etikanya tetap saja sebenarnya gaptek. Kualitas (isi) lebih penting daripada kuantitas! Jangan sampai seperti tong kosong nyaring bunyinya.
  • Berikanlah informasi penting dan bernilai tambah
    Tweet lebih berguna untuk memberikan informasi penting nan singkat. Tidak untuk hal yang tidak penting. Cantumkan juga sumbernya dan URL-nya bila memang ada.

Singkat saja yang saya kemukakan, tidak perlu panjang-panjang, toh kita bisa berpikir juga dan seharusnya bisa memilah memilih dalam proses pendewasaan beretika.

Dari tweet-tweet yang saya baca, kebanyakan orang Indonesia banyak yang nge-tweet hal-hal yang tidak penting, berbeda dengan orang luar yang lebih banyak nge-tweet informasi-informasi berguna. Di sini kita bisa lihat pemahaman dan kesadaran orang luar memang lebih baik, padahal sebenarnya orang Indonesia bisa lebih pintar namun kurang didukung oleh etika bersosialisasi di Internet.




Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart