Nokia PC Suite 7.0 tidak kenali HP Nokia setelah install/upgrade

Posted in: Gadget & Phone |

Beberapa waktu lalu saya install Nokia PC Suite 7.0 di PC kantor saya, update dari versi sebelumnya yaitu 6.86. Awalnya semuanya berjalan baik, ponsel N73 ME saya juga bisa terkoneksi dengan lancar. Setelah itu saya tidak pernah menggunakannya lagi dan itu berlangsung cukup lama, lalu saya kemarin mencoba untuk mengkoneksikannya ke PC. Ternyata, ponsel saya tidak bisa dikoneksikan ke PC Suite. Entah kenapa setelah saya cek di Device Manager, ada driver yang tidak bisa diinstal, yaitu untuk Nokia USB Phone Parent.

Setelah baca-baca di Discussion Nokia (kebetulan akhir ini lumayan buka dan kadang-kadang posting disitu), ada juga permasalahan yang sama. Akhirnya saya tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini.

  1. Lewat Windows Explorer (atau file manager lainnya), masuk ke folder Windows\System32\Drivers\
  2. Rename file wdf01000.sys ke nama yang lain misalnya wdf01000.sys2
  3. Kemudian koneksikan lagi ponsel untuk dikenali oleh PC Suite, PC Suite akan langsung secara otomatis menginstall ulang drivernya atau lewat Device Manager kita update driver Nokia yang gagal diinstal, pilih automatic aja supaya windows yang mencarikan driver yang kompatibel. Bisa juga dengan menginstall ulang Nokia Connectivity Cable Driver.
  4. Ponsel pun akhirnya bisa dikenali lagi oleh PC Suite.

Simple juga ternyata penyelesaiannya, permasalahannya ada di driver Nokia yang mungkin ‘bentrok’ antara driver pada PC Suite lama dengan yang baru.




Comments

There are 4 comments


  1. Anonymous says:

    Setelah mencoba cara di atas, sewaktu boot keyboard dan mouse(touchpad) ngadat…



  2. Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

    @anonymous:
    Keyboard & mouse laptop atau komputer? Mungkin karena driver wdf1000f.sys tsb menggunakan USB, dan mungkin keyboard & mouse menggunakan USB juga, jadinya bisa ngadat waktu driver tsb di-remove dan booting windows. Coba masuk Windows lewat Safe Mode kemudian uninstall Nokia PC Suite, setelah itu restart ulang dan install ulang lg Nokia PC Suite.



  3. febri says:

    knp sya coba rename folder tersebut tidak bisa di laptop?



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      untuk rename-nya harus menggunakan administrator privilege, atau Run as Administrator.
      Coba di Start menu, di search bar-nya (bawahnya All Programs), ketik explorer, terus nanti setelah keluar hasil pencariannya di bagian atas, klik kanan Windows Explorer terus pilih context menu Run as Administrator.
      Baru setelah itu bisa rename atau lakukan apapun di dalam folder Windows, Program Files, dll.



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart