Cek dan Import Email Lain Lewat GMail

Posted in: Komputer & IT,Teknologi Informasi |

This post is also available in: English

GMail

This post is also available in: English

Baru tahu kalau di GMail ternyata ada settingan untuk mengecek dan mengimpor email pada provider lain (misal ini sebagai email sekunder) ke email GMail kita (misal ini email primer). Jadinya, ketika ada email masuk di alamat email sekunder maka oleh GMail akan diimpor masuk ke inbox GMail. Keuntungannya melalui satu inbox di GMail kita bisa mengecek email lebih dari satu alamat email (selain GMail). Selain itu juga, untuk pengiriman email, kita juga bisa menggunakan GMail tetapi pengirimannya menggunakan alamat sekunder tersebut.

Dari kasus saya, email sekunder saya (karena baru dibuat) adalah email di ub.ac.id. Karena email ini tidak mempunya fasilitas auto-forward ke email lain (misal ke GMail yang menjadi email primer saya), akhirnya untuk mengecek email harus membuka web mail.ub.ac.id serta GMail (dan juga YahooMail). Tentunya ini tidaklah efisien bila tanpa menggunakan email client seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird. Dengan menggunakan GMail, semuanya bisa dilakukan dalam satu tempat.

Untuk menggunakan fasilitas ini, masuk ke

GMail Settings > Account and Import > Check mail using POP3

kemudian pilih

Add POP3 email account

Dari sini layaknya kalau kita men-setting email account di email client seperti Microsoft Outlook/Mozilla Thunderbird. Tinggal ikuti wizard-nya saja, serta setting server untuk incoming (menggunakan POP/IMAP) dan outgoing (menggunakan SMTP), menambahkan label khusus untuk email hasil impor, dsb. Diakhir langkahnya kita diminta untuk mengisi Confirmation Code (dikirimkan oleh GMail ke email yang kita tambahkan barusan) atau mengklik link di email yang dikirimkan GMail tersebut. Setelah itu, tada!! Email-email di email sekunder akan diimpor ke akun email GMail kita.




Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart