Futon ~Japanese Matras~

Posted in: Budaya Jepang & Indo |

Futon

Futon

Futon merupakan matras tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang untuk tidur. Walaupun sudah banyak masyarakat Jepang yang memakai kasur, beberapa orang lebih senang menggunakan futon. Bagi mereka yang tinggal di rumah terutama di Apato, akan lebih memilih menggunakan futon karena ketersediaan ruang yang besar.

Futon ini mempunyai ketebalan kira-kira 5 cm (2 inchi). Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton (alas futon), Kakebuton (matras), Makura (bantal). Set seperti ini biasanya dijual seharga kira-kira 10.000 yen. Shikibuton merupakan lapisan tipis yang didalamnya diisi dengan kapas atau sintentis yang dibungkus dengan kain (semacam selimut untuk musim dingin). Kakebuton biasanya diisi dengan bulu angsa, ringan, nyaman namun juga merupakan bagian yang termahal dari futon. Penggunaan kakebuton sendiri disesuaikan dengan musimnya. Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Makura adalah bantal yang berisi biji-bijian atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Futon ini didesain untuk digelar di atas lantai tatami. Biasanya karena Apato tidak memiliki ruang yang luas maka pada siang hari futon disimpan dalam oshiire (lemari), dan ruangan pun beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu hal ini dilakukan agar tatami dapat “bernafas”. Oshiire ini terdiri dari dua pintu yang dapat didorong. Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas futon dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya biasanya dua minggu sekali atau satu bulan sekali dijemur, sedangkan pada musim hujan karena kelembaban di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembab. Masyarakat Jepang biasanya ketika menjemur futon juga menebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur diatas kasur yang empuk, karena kerasnya lantai sangat baik untuk punggu kita terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang.




Comments

There are 11 comments


  1. shunichirou says:

    halo2

    makasih lho linknya, hehe

    tp saya dah pindah alamat, yg hideyoshi d ganti kesini aja y

    btw,

    “Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas tatami dianggap tabu untuk masyarakat Jepang” maksudnya berjalan diatas futon ya?

    soalnya tatami kan emang biasa diinjak?



  2. tia saraswati says:

    thanks atas info futon-nya ya. Waktu browsing untuk nyari festival di jepang, nggak sengaja aku nemu blog ini. Aku baca-baca deh isinnya. Btw, tampilan blog-nya bagus lho. Chouchin-nya itu..design-nya bikin sendiri atau ada templatenya? Thanks!



  3. Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

    Yup,sama-sama. Dah lama nggak nulis-nulis lagi. Banyak ide tapi ga kesampaian gara-gara akhir-akhir ini ada kesibukan. Hehe..tampilan blognya bikin sendiri, ga ada template-nya. Lebih jelasnya ada di About.



  4. eca says:

    tau link untuk beli tatami di jakarta ga?
    087870822xxx eca
    pls asap… urgent!! ^_^ thx

    (p.s. no hp aku hidden, karena takut disalahgunakan)



  5. choiruzzadid taqwa says:

    trus beli futon nya dmn?? kira2 haarga nya berapa ya 1 set?? jd mw coba..



  6. alul says:

    FYI, bagi yang sedang mencari tatami untuk wilayah indonesia, khususnya jabodetabek silahkan dilihat2 di http://www.bearpirates.com
    melayani desain ruangan ala japaneese style lengkap dengan sliding door (shoji)
    Tatami yang dijual alami, terbuat dari jerami (mendong/igusa) dan berisi sereh wangi, tanpa styrofoam. biasanya kami ekspor ke cina, korea, dan jepang.

    Semoga membantu, maaf jd promosi ^_^



  7. Adit says:

    ada yang jual ngga ya di indonesia?



  8. fadli says:

    mohon info untuk beli futton in dimana ya ?, trims



  9. Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

    Yang posting comment di atas ada yang jualan futon tuh



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart