- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Tool Javascript untuk Web Developer

This post is also available in: English [1]

Sedikit mengulas saja tool-tool Javascript untuk Web Developer, antara lain compressor, beautifier, debugger. Tidak terlalu lengkap ulasannya, yah karena itu dari pengalaman pribadi saja sih. Mungkin anda bisa membantu menambahkan. :)

The Javascript CompressorRater [2]

Web ini menyediakan utilitas untuk perbandingan JavaScript Compressor. Dengan semakin berkembangnya rich web application, ukuran Javascript akan semakin membesar, hasilnya adalah semakin lamanya suatu halaman di-load dan memberikan respon ke pengguna. Mana Javascript Compressor yang paling besar ratio kompresinya? Kita dapat melihat analisisnya menggunakan web ini.


Javascript Packer [3]

Javascript Packer adalah kompresor javascript yang dibuat oleh Dean Edwards. Javascript yang dicompress dengan kompresor ini mempunyai compression-rate termasuk paling besar dibandingkan menggunakan Javascript minifier.

Terdapat compressor lainnya antara lain YUI Compressor, Javascript Minify, dll.


Javascript Unpacker dan Beautifier [4]

Web ini menyediakan fasilitas unpacker untuk meng-unpack Javascript yang telah di-unpack. Kelebihannya, selain meng-unpack juga membantu mengatur indentasi dari javascript.

Firebug [5]

Yah, siapa tak kenal dengan Firebug. Web Developer pastinya kenal dengan tool ini. Suatu ultimate tool bagi web developer. Digunakan untuk mengetes, menginspeksi elemen DOM secara realtime, mengedit CSS & HTML secara realtime, Javascript Debugger, dll. Selain untuk Mozilla Firefox juga bisa digunakan di browser lain menggunakan Firebug Lite. Daripada menggunakan alert untuk men-“debug” akan jauh lebih baik menggunakan tool ini.


DebugBar & CompanionJS [6]

Beda lagi dengan browser Internet Explorer. Browser yang satu ini terkenal membuat para web developer marah-marah dan mutung. Apalagi jika bukan karena ketidak-standarannya, ketidak-kompatibilitasnya, kurang aman, dll (you name it!). Web yang ditampilkan baik di Mozilla Firefox (paling baik menurut saya), Google Chrome (termasuk paling baik walau baru berumur muda), atau Safari, bisa jadi hancur di sini. DebugBar bisa membantu untuk menginspeksi, dan CompanionJS bisa menjadi Javascript Debugger. Tapi, sayangnya tidak se-powerful Firebug, seperti mengedit CSS & HTML secara realtime, dsb.


Yah, sekian dulu saja lah. Editor Javascript belum diulas.Kalau saya menggunakan text editor biasa saja. Sekarang paling suka pakai CoderTools TotalEdit.

Ada lagi yang mau menambahkan tool untuk Javascript bagi Web Developer?

Regex Library [7]

Regex (Regular Expression) Library mempunyai banyak koleksi Regex yang dikontribusikan oleh orang-orang. Selain itu RegexLib juga mempunyai Regex Tester [8], jadi supaya mudah mengetes Regex secara real-time.


Regular Expression

http://www.regular-expressions.info/javascriptexample.html


Regex Magic [9]

Regex Magic mempermudah pembuatan Regex, karena Regex Magic merupakan editor/generator Regex yang bisa menghasilkan kode Regex seperti yang kita inginkan.