- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Backup dan Simpan Data Ponsel Nokia (Bagian 1)

This post is also available in: English [1]

Backup yang berarti menyimpan data  di tempat sekunder sebenarnya menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan secara teratur, karena kita tidak tahu kapan ponsel yang kita gunakan akan error atau bahkan parahnya bila ponselnya hilang, dan data di dalamnya akan hilang. Data yang penting biasanya adalah Contacts/Phonebook, SMS, Notes, dll. Contacts dan SMS biasanya berisi informasi penting, apalagi bila mengkoleksi SMS yang dikirimkan orang tersayang misalnya. Ponsel Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian biasanya yang terkadang rewel bila kita tidak tahu bagaimana cara merawatnya dan berimbas hilangnya data, seperti gambar, dokumen, dan SMS atau MMS. (Baca juga tentang Smart Phone dan Featured-Phone)


Hasil Backup Berupa File Archive Backup Terkompres

Aplikasi Memory untuk membackup dan merestorasi data di ponsel Nokia

Aplikasi Memory untuk membackup dan merestorasi data di ponsel Nokia

Ponsel Nokia sebenarnya sudah dibekali dengan fasilitas internal Backup & Restore yang berguna untuk menyimpan data-data yang ada di ponsel seperti keadaan ketika sebelum di-backup, dan dapat dikembalikan lagi suatu saat ke keadaan sewaktu backup dilakukan melalui proses restorasi. Beberapa data yang disimpan dalam proses backup antara lain, Contacts/Phonebook, Messages (SMS, MMS), Calendar, To-Do, Notes, dan file-file lain yang tersimpan di memori ponsel. Fasilitas ini terletak di aplikasi Memory. Beberapa fungsi yang bisa ditemukan di aplikasi ini adalah:

1. Menu untuk membackup data. 2. Menu untuk merestorasi data dari backup yang pernah dibuat.

1. Menu untuk membackup data. 2. Menu untuk merestorasi data dari backup yang pernah dibuat.

File hasil backup ini disimpan di memory card (bila dilihat di file manager ponsel, maka terletak di drive E:\) di folder \Backup\, dan bila dilihat di komputer melalui memory card reader akan jadi seperti E:\Backup (bila E:\ adalah drive untuk memory card). Contoh file backupnya adalah \Backup\Backup.arc

Selain menggunakan aplikasi built-in yang sudah ada di ponsel, kita juga bisa menggunakan Nokia PC Suite [2]. Tentunya karena program ini berjalan di komputer, dibutuhkan koneksi dari komputer ke ponsel kita, bisa menggunakan kabel data, infrared, atau bluetooth. Disarankan sebaiknya menggunakan kabel data karena kecepatan akses datanya. Untuk ponsel Nokia terbaru disediakan Nokia PC Suite versi universal, tetapi untuk ponsel Nokia yang lama ada perkecualian, seperti Nokia 6600 disediakan Nokia PC Suite for 6600 (tapi dengan fitur-fitur yang tidak selengkap Nokia PC Suite universal terbaru).

Nokia PC Suite - Nokia Content Copier untuk membackup dan merestorasi ponsel Nokia menggunakan komputer.

Nokia PC Suite - Nokia Content Copier untuk membackup dan merestorasi ponsel Nokia menggunakan komputer.

Nokia PC Suite universal menyediakan Nokia Content Copier untuk membuat backup & merestorasi data dari hasil backup. File hasil backup Nokia PC Suite ini berekstensi .NBU berbeda dengan file backup aplikasi internal ponsel yang  berekstensi .ARC sehingga tidak bisa saling dipertukar gunakan.

Untuk membackup SMS, kedua cara di atas hasil backup-nya tidak bisa dibaca secara langsung, tetapi harus melalui proses Restore baru kita bisa melihat hasil backup SMS nya di ponsel kita.

Sebagai catatan, semua informasi terkini akan hilang apabila kita melakukan restorasi dari hasil backup sebelumnya. Oleh karena itu, jangan melakukan restorasi apabila kondisi ponsel kita masih stabil dan tidak ada error, karena akan menghilangkan data yang terbaru dan tergantikan dengan data dari hasil backup.




File backup .ARC dan .NBU sebenarnya bisa diekstrak dan diambil file-file dan data di dalamnya, layaknya seperti  file compression .ZIP dengan menggunakan program pihak ketiga (3rd party), Noki v2.0 (http://www.nokisoft.com/ [3]). Program ini bisa mengekstrak Contacts/Phonebook, SMS, MMS, Calendar, Memo, Email,  Bookmark,  dan juga file-file lainnya. Hasilnya serta dapat  diekspor ke Microsoft Outlook and Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Firefox, IE dan Nokia PC Suite. Fitur selengkapnya dapat dilihat di Noki | Features [4].

Noki - program untuk eksplorasi dan ekstrak file backup Nokia PC Suite .NBU dan .ARC.

Noki - program untuk eksplorasi dan ekstrak file backup Nokia PC Suite .NBU dan .ARC.