- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - https://www.hikaruyuuki.com -

Perbaiki Hardisk External WD Rusak Karena Korsleting

Bulan lalu hardisk eksternal WD MyBook Essential 2 TB yang berisi data, proyek, backup, installer rusak akibat korsleting. Awalnya hardisk tersebut secara acak disconnecting tanpa sebab dan waktunya tidak menentu. Terkadang beberapa menit disconnect sendiri, malah kadang baru ditancapkan beberapa detik kemudian disconnect. Akhirnya untuk bisa dikenali dan di-mount lagi, terpaksa cabut adaptor dan kabel USB kemudian pasang lagi beberapa detik kemudian. Solusi pertama yang terpikir yaitu menggunakan converter SATA to USB, tapi ternyata solusi ini berujung petaka hingga terjadi korsleting.

Hardisk eksternal ini sebenarnya sama dengan hardisk internal komputer (di sini menggunakan WD Caviar Green) bedanya sudah ada enclosure bawaan. Berhubung hardisk ini sebenarnya sama, jadi bisa menggunakan converter atau enclosure lain dengan interface yang sesuai. Setelah beli converter, hardisk eksternal dicopot dari enclosure-nya. Ketika converter dipasang di hardisk eksternal terhubung ke komputer awalnya yang dikenali hanya converter-nya, partisinya belum ter-mounting. Namun, setelah ditunggu beberapa detik kemudian ada bau agak menyengat dan suara meletik dari kabel power converter ke hardisk. Akhirnya terjadi korsleting, hingga listrik rumah padam. Darn!

Korselting mengakibatkan dioda di PCB controller hardisk terbakar, akibatnya hardisk pun tidak bisa dikenali lagi. Berharap-harap cemas supaya korsleting tidak sampai merusak hardisk dan hanya controller-nya. Apabila kerusakan sampai terjadi di dalam hardisk, akan jauh lebih sulit memperbaiki atau malah tidak bisa lagi diperbaiki.

Untuk memperbaiki controller yang rusak ini akhirnya saya harus memesan PCB controller sebagai pengganti controller yang rusak. Namun PCB pengganti ini tidak bisa langsung digunakan, bios chip U12 harus dipindah dari PCB yang rusak ke PCB pengganti.

Langkah-langkah memperbaiki:

Siapkan:

Secara singkat berikut ini yang saya lakukan:

fixhdd-1 [2]

WD External enclosure sudah mulai terbuka

fixhdd-2 [3]

Enclosure sudah dibuka tampak ada 4 karet hitam pengganjal hardisk di tiap pojok hardisk. Copot batang warna putih untuk menyalurkan cahaya indikator hardisk.

fixhdd-3 [4]

Terlihat ada dua board, yang di pojok atas kanan (hijau menyala) adalah board controller enclosure dan yang di bawahnya (hijau muda) adalah board controller hardisk. Copot baut yang terpasang di board controller enclosure.

fixhdd-4 [5]

Terlihat jelas karet penganjal hardisk di tiap pojok enclosure. Untuk mencopot hardisk, tekan hardisk sedikit demi sedikit bergantian, untuk bagian dengan pengganjal bawah tekan ke dalam, sedangkan pengganjal atas tekan ke luar. Perhatikan board controller enclosure di belakangnya jangan dipaksakan sampai patah.

fixhdd-5 [6]

Board controller hardisk dari muka depan. A. Bios chip U12 B. Tulisan U12 untuk memastikan chip yang benar. C. Dioda yang terbakar akibat korsleting.

fixhdd-0 [12]

Paket PCB beserta kemasannya (bubble plastic wrap dan plastik berwarna pink)

Walau masih ada masalah dengan random disconnecting, akhirnya saya berhasil membackup semua data ke hardisk WD MyBook Essential 2 TB lain setelah beberapa hari. Sepertinya masalah hardisk saya ada di enclosure-nya, lebih tepatnya di board controller enclosure yang bertugas menyalurkan daya dan data ke controller hardisk. Yah, syukurlah data saya masih selamat semuanya. ^^