Update Nokia ke Nokia Belle Akhirnya Keluar

Posted in: Gadget & Phone |

Update-Belle-thumb

Nokia akhirnya mengeluarkan update OS terbaru Nokia Belle (awalnya Symbian Belle, bye bye Symbian) untuk Nokia C6-01, Nokia C7-00, Nokia E6-00, Nokia E7-00, Nokia N8-00, dan  Nokia X7-00. Setelah rumornya beredar sejak tahun lalu dan ditunggu-tunggu untuk update terbaru setelah Symbian Anna, Nokia akhirnya mengeluarkan update ini untuk beberapa handheld Nokia melalui Nokia Suite (Windows atau MacOS).

Update to Nokia Belle

Beberapa Nokia tersebut sudah dijual dengan Nokia “Symbian” Belle, namun bagi yang sudah memilikinya sejak lama, akhirnya dapat meng-update-nya juga. Awalnya banyak spekulasi tentang kapan keluarnya, dari akhir tahun lalu, Januari 2012, hingga situs Nokia Vietnam yang menampilkan sekilas tentang adanya update Belle pada tanggal 8 Februari 2012, namun kemudian halaman web tersebut dihapus. Hingga akhirnya terbukti benar, tanggal 8 Februari ini saya coba untuk melihat melalui Software Update di Nokia N8 dan memang ada update. Ketika dibuka melalui Nokia Suite, akhirnya muncul halaman Update to Nokia Belle.

Saya yang memiliki Nokia N8 pemberian kakak saya (karena kakak ganti iPhone) akhirnya mencoba mengupdate OS N8 dengan Nokia Belle. Untuk update nya sangat mudah, tinggal mengkoneksikan handphone Nokia ke Nokia Suite dan mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan. Langkah dari wizard Nokia Suite adalah Get Started (men-download update sebesar 283 MB), Back Up (untuk menghindari hilangnya data seperti Contacts, Notes, Calendar, Messages, dll karena phone memory akan di-reset dan ROM diflash ulang), Install, Restore (mengembalikan data yang di-reset), dan akhirnya silakan menikmati Nokia Belle.  Berikut ini beberapa screenshot untuk update tsb.

 

Update to Nokia Belle - Get Started 1

Update to Nokia Belle - Get Started 2

Mari kita lihat seberapa keren OS Nokia Belle di Nokia N8 yang katanya banyak perubahan major ini. Walau mungkin beberapa OS lainnya lebih keren, tapi setidaknya Nokia Symbian berevolusi (mungkin untuk yang terakhir, tapi entah katanya akan ada Nokia Carla dan Donna) menjadi lebih keren dari Symbian sebelumnya, sebelum akhirnya tergantikan oleh Windows Phone.

Fitur-fitur baru dari Nokia Belle yang terlihat dari User Interface-nya yang jauh lebih rapi dan bagus dengan tambahan notifikasi yang telah ada di Android, lebih cepatnya browser, interaktivitas baru dengan widget dan tambahan home screen, dan lainnya.




Comments

There is one comment


  1. Mc. Ichsan says:

    sudah ada update lagi hari ini, tapi selalu gagal. Service not available try again next time . . .



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart