- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Waktunya memperbaiki Windows Boot Loader

Setelah seharian utak-atik komputer dan hardisk sejak 2 hari lalu, akhirnya hari ini mulai membetulkan OS-nya. Ternyata sebenarnya windows boot loader-nya masih ada, hanya saja tidak berfungsi untuk loading OS-nya. Hal ini dikarenakan tidak ditemukannya file ntldr sebagai windows windows legacy loader.

Dari windows boot manager kepunyaan Windows 7, menu yang tertera:

Earlier version of Windows
Windows 7
Microsoft Windows Vista

dan ketika mencoba untuk masuk ke pilihan pertama (Windows XP), muncul pesan:

Windows failed to start. A recent hardware or software change might be the cause...
File: \NTLDR
Status: 0xC000000F
Info: The selected entry could not be loaded because it is missing or corrupt.

Dan waktu masuk ke Windows 7, ternyata masuk ke Startup Repair. Setelah masuk dan dicoba untuk repair, tapi ternyata failed. Pesannya intinya sama seperti yang diatas (hanya saja tidak dengan bahasa teknis). Intinya karena tidak ditemukan file ntldr di boot drive. Kemungkinannya waktu reparasi, file ntldr rusak/hilang atau boot drive pada boot loader berubah sehingga waktu  booting tidak menemukan file boot loader pada boot drive.

Akhirnya restart dan mencoba masuk ke Windows 7, dan ternyata bisa. Setelah masuk ke Windows 7, install EasyBCD untuk mengedit boot loader. Awal pemakaian ada pesan dengan run as admin karena boot config (atau apa itulah, intinya ya ntldr, ntdetect, dll yang berhubungan sama boot loader) tidak ditemukan dan harus memilih boot drive. Setelah aku pilih kemudian masuk ke EasyBCD dan edit-edit, simpan, restart tapi ternyata tetap tidak bisa. Sepertinya tidak tersimpan editan tadi. Setelah aku cek masuk ke Windows 7 lewat cmd > bcdedit, ternyata memang tidak berubah. Akhirnya ya… edit manual saja deh, seperti ini:

bcdedit /set {ntldr} device partition=\Device\HarddiskVolume1

dan sekalian saja, rubah item-item yang keluar waktu booting, tidak lagi Earlier version of Windows, tapi jadi Windows XP saja.

bcdedit /set {ntldr} description "Windows XP"

Setelah restart, it works! Item berubah dan boot loader XP pun bisa dijalankan. Hanya saja ketika masuk ke Windows XP, sepertinya tidak mau loading, hanya layar hitam yang tampak. Akhirnya restart dan masuk safe mode.