- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Sekali lagi partisi di hardisk error, memperbaiki “Unformatted” & “Bad Sector”

Kamis

Komputerku sekarang sudah berusia 7 tahun, sejak tahun 2003 ketika aku mulai kuliah. Yah, tapi sekarang ini sudah tidak lagi “perawan”. Sudah bolak-balik  aku oprek, overclock, overuse (~3 hari pemakaian tanpa mati, dengan CPU usage ~100%), dll hingga akhirnya beberapa kali rusak. dari OS nya hingga hardwarenya. Mungkin pernah aku posting juga disini beberapa ceritanya. Dari kerusakan fisik UPS (2x), motherboard (mobo) 1x, Power Supply Unit (PSU) 1x, VGA/Graphic Card 1x (atau 2x ya), monitor 1x. Kerusakan ini pun berujung dengan keluarnya uang untuk replacement, ganti baru dengan yang lebih bagus. Awalnya kerusakannya (mungkin) karena hal sepele, masalah kabel oloran (yang dalam bahasa Inggrisnya extension cord, power extender, atau extension lead), yang ternyata sudah berusia 10 tahun. Daya yang diberikan jadi tidak stabil, dan akhirnya komputer sering bermasalah, tiba-tiba hang, atau tiba-tiba restart dan bahkan mati. Akhirnya berujung rusaknya beberapa periferal.

Kalau masalah yang sekarang ini, mungkin karena komputer yang tidak pernah dinyalakan. Jadinya, mungkin magnetisasi pada hardisk (yang merupakan magnetic disk) berkurang dan bisa jadi data pun hilang. Sekarang ini, OS di dalam komputer tidak ada yang bisa dipakai, dari XP ,Vista, maupun 7. Awalnya setiap kali nyala, pasti check/scan disk, dan di tengah-tengah selalu ngehang. Di restart, checking disk, trus ngehang, dan seperti ini terus bolak-balik. Masuk XP dalam safe mode, pun membutuhkan waktu yang sangat lama (1 jam). Belum sempat saya cek lebih lanjut, hari ini waktu menyalakan komputer, langsung keluar pesan:

“Unable to load operating system”

Yah, beberapa kemungkinan, OS-nya yang rusak atau partisinya rusak (secara logic) atau parahnya hardisknya yang rusak (secara fisik). Booting akhirnya lewat DOS dan waktu mencoba masuk ke C:\, waktu yang dibutuhkan untuk masuk ataupun melihat isinya (DIR) pun termasuk sangat lama responnya. Sepertinya bermasalah partisi satu ini. Partisi ini berada di hardisk pertama yang sudah 7 tahun umurnya. Hardisk  IDE  ATA/PATA pertamaku yang berkapasitas 120 GB.

Jumat

Boot ulang menggunakan Hiren’s Boot CD dan masuk ke Mini XP membutuhkan waktu yang sangat lama. Akhirnya bisa masuk dan mencoba masuk ke C:\, tapi Windows Explorer langsung not responding. Akhirnya aku coba masuk Easeus Partition Manager. Tertulis di partisi 1 hardisk 1 (C:\) filesystem FAT32 tapi Unformatted.  Berarti memang benar, partisi ini bermasalah.

Akhirnya menggunakan Partition Table Doctor, aku coba untuk repairing fixboot dan fix MBR dan akhirnya pun berhasil. Partisi yang sebelumnya tampak Unformatted akhirnya tidak lagi. Akses ke hardisk pun normal dan tidak selambat sebelumnya. Hanya saja, konsistensi isi hardisk belum aku cek. Moga-moga saja tidak kenapa-kenapa, walaupun sepertinya ada sesuatu yang tidak diharapkan dan harus beli hardisk baru.

Sabtu

Update dini hari ini, ternyata setelah aku cek menggunakan HD Tune, ditemukan puluhan bad sectors (kalau tidak salah sampai 88 sector). Wah, kayaknya memang harus secepatnya ganti. Akhirnya untuk sementara aku gunakan HDD Regenerator untuk memperbaiki bad sector tsb. Dan alhamdulillah akhirnya bad sector-nya di-recover. Yah, sambil menunggu lama, karena harus mengupdate pengumuman hasil seleksi SPKIns, SPKD, dan SPKS Utul di Selma UB [1], yaa… update dulu ngoding, databasenya, edit gambar, dan bikin PDF -nya pakai laptop. Akhirnya selesai ngoding, dll, capek pokoknya dan waktu sudah menunjukkan jam 5 pagi, waktunya tidur dulu hehe.

Bangun-bangun, kembali lagi ke komputer aku cek lagi dengan HD Tune, bad sector-nya tidak tampak lagi (tapi entah juga nantinya). Kemudian aku cek juga 2 hardisk lainnya yang di komputerku, hardisk SATA 250 GB dan 320 GB. Alhamdulillah, tidak ditemukan bad sector.

Permasalahan yang sekarang tinggal bagaimana memperbaiki OS-nya, karena setelah diperbaiki, boot loader-nya rusak. Jadi, tidak bisa masuk baik ke ketiga OS yang ada. Memang sih, sebelumnya sudah ada rencana untuk menginstall ulang Windows 7. Tapi sekarang sepertinya harus menginstall ulang Windows XP dan 7 nya, dan kembali lagi menginstall semua program, settingan, dll. Semoga saja, image partisiku masih ada, jadi tinggal direstorasi saja, kalau tidak ya… lembur lagi untuk install dan setting sana sini…. :'(