.NET WinForms vs Delphi (1)

Posted in: Pemrograman |

netvsdelphi

Saya sudah beberapa tahun lamanya menjadi developer di IDE Delphi untuk membuat aplikasi desktop, dari ketika kuliah hingga akhir kuliah dan sekarang ini mencoba untuk menggunakan Visual Studio C# Windows Forms. Ternyata banyak hal  berhubungan dengan UI Toolkit di WindowsForms yang masih saya rasa kurang hingga di  .NET 4.0 ini. Beberapa hal masih ketinggalan dibandingkan Delphi 6/7 sekalipun (some would be pain in the ass). Berikut ini review singkat (walau mungkin tidak semuanya atau belum menemui)

  • ToolStrip dan ImageList
    Di Visual Studio penggunaan ImageList untuk ToolStrip hanya ada ketika run-time dan harus hard-coding, kita tidak bisa menugaskan image/icon di ImageList ke ToolStrip Button secara design-time. Yang ada di design-time hanya property Image, artinya kita harus mengeset image/icon satu-satu ke tiap ToolStrip Button. Sehingga tidak memenuhi direct manipulation dan konsistensi. Begitu juga dengan penggunaan image untuk beberapa state (seperti normal, hover, disabled) hal ini tidak ada. Pilihan beberapa ukuran standard juga tidak ada (16 x 16, 24 x 24, dll). Berbeda dengan Delphi yang sudah menyediakannya sejak dulu sekali.
  • ActionList
    ActionList sangat membantu sekali dalam konsistensi aksi dan tampilan. Jadi, misal ketika ada menu Open File dan juga ToolStrip Button Open File harusnya, keduanya mempunyai fungsi yang sama, aksi yang sama, aksi yang sama, icon yang sama, dll, ataupun misal seperti di Windows Explorer ketika kita pilih mencentang menu View > Details (atau Large Icon, dll) maka seharusnya di Toolbar > Views pilihan yang sama juga ikut tercentang. Hal ini sebenarnya dapat dilakukan melalui ActionList, sayangnya di Visual Studio tidak disediakan. Sekali lagi, Delphi sudah menyediakan bertahun-tahun lamanya.
  • Menu, ToolStrip, StatusStrip dan Hint
    Hingga saat ini saya masih belum menemukan cara yang mudah supaya ketika kita menyorot ke item menu, item ToolStrip, atau apapun (dengan sedikit hack), maka Hint (yang sebenarnya disediakan lewat property ToolTip Text) akan langsung ditampilkan di StatusStrip. Berbeda dengan di Delphi yang dapat dengan mudah melakukannya.
  • Tranparansi Control
    Label di WindowsForms tidak benar-benar mendukung transparansi sehingga bila ditempatkan di suatu image, panel dengan user painting, maka akan kelihatan sekali label tidak mendukung transparansi dan warna background menggunakan warna background  (BackColor) dari containernya. Walaupun bisa, namun cukup menjengkelkan karena harus membuat label turunan.
  • Component
    Jumlah component/toolkit bawaan di Visual Studio juga lebih sedikit dibandingkan yang diberikan Delphi.

Yah, pendapat subjektif saya sendiri bagusnya C#, WindowsForms dan .NET 4.0 adalah dari sisi codingnya yang mudah, fleksibel dengan diberikan fungsi yang banyak namun untuk penggunaan component design-time masih saya rasa kurang sekali. GUI Toolkit yang ada di Windows Forms masih belum mumpuni dibandingkan Delphi. Dalam beberapa hal juga component Windows Forms sebenarnya kurang memenuhi Windows Design Guidelines. Sehingga diperlukan component dari pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang mempunyai tampilan bagus dan baik.




Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart