- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Mengoptimalkan dan Meminimalkan Penggunaan Memory Mozilla Firefox

Mozilla Firefox, seperti yang kita tahu adalah salah satu browser terbaik dan akhir-akhir ini  berusaha untuk mengejar keagresifan Google Chrome yang baru saja lahir namun sekarang sudah versi 12. Jika dilihat dari nomor versi memang Firefox paling lambat (dari versi 3 ke 4, sekarang 5, dan versi ke 6 masih beta), IE sudah versi 9, Opera 12, Safari 5.  Terlepas dari itu semua, Firefox adalah yang terbaik, sayangnya walau diklaim telah mengalami perbaikan dalam manajemen memory di tiap update-nya, namun kenyataannya Firefox tetaplah menghabiskan memory yang banyak. Hal ini disebabkan adanya kebocoran memory (memory leak).

Namun, untuk mengatasinya sekarang kita dapat menggunakan aplikasi Firemin. Dari percobaan yang saya lakukan, awalnya memory yang digunakan Firefox sebesar 700-800 MB (bahkan sebelum saya mengambil screenshot mencapai ~ 1 GB!) dengan tab yang terbuka kira-kira 40 tab, setelah menjalankan aplikasi Firemin ini maka memory yang digunakan Firefox langsung turun drastis menjadi 12 MB atau kira-kira tinggal 1,5%.

Ini adalah screen shot awal sebelum menggunakan Firemin.

[1]

Memory Firefox sebelum Firemin dijalankan.

Memory yang digunakan Firefox sebesar 791 MB dan berikut ini adalah screenshot setelah menggunakan Firemin.

[2]

Memory Firefox setelah Firemin dijalankan.

Memory yang digunakan tinggal sedikit, walau berfluktuasi antara belasan, puluhan, atau mungkn seratusan MB namun tidak sebesar sebelumnya. Selama percobaan sepertinya aman untuk menggunakan Firemin. Link aplikasi Firemin dapat diunduh di bawah ini.

Download [3]