- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Mengamankan Akun (Email) Yahoo

Siapa sih yang mau emailnya kena hack? Tidak ada yang mau. Kalau akun email sudah di-hack, biasanya akun-akun terasosiasi yang lain juga kena getahnya, dari akun YM, Facebook, Twitter, dll akan juga kena hack. Supaya akun email Yahoo lebih aman, maka kita dapat melakukan beberapa tips berikut. Pertama-tama, buka Yahoo Account Info [1] (semua link yang saya taruh di sini aman dari phishing, menggunakan versi aman dari HTTP yaitu HTTPS dari domain edit.yahoo.com, selalu waspadai link yang anda klik, bila tidak yakin silakan masuk ke Yahoo Account setelah anda Sign In). Setelah itu di kategori Sign In and Security silakan lakukan beberapa dari hal berikut ini.

Dari segi keamanan memang hal-hal di atas bisa lebih mengamankan akun email Yahoo, tapi bila sudah telanjur di hack dan data-data password reset melalui email, telepon selular, pertanyaan rahasia kemudian dihapus atau diganti dengan yang lain, bagaimana untuk meresetnya? Seingat saya, untuk penghapusan email dan nomor telepon selular tidak ada konfirmasi menggunakan kode verifikasi (seperti ketika menambahkan data tersebut), seharusnya untuk pengamanan bila data password reset dihapus maka wajib pula memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan, bila tidak memasukkan maka data tersebut tidak boleh dihapus.

Dari yang saya coba, misalkan saya menghapus data tersebut, hanya akan ada pemberitahuan bahwa data dihapus via email atau sms dan link bila terjadi kesalahan, tapi bagaimana skenario pembatalan dan verifikasi penghapusan? Misal bila hacker tidak memasukkan kode verifikasi harusnya tidak bisa mengubah data password reset, jadi walau bisa merubah password, tetap masih bisa di reset oleh email atau telepon selular.

Usahakan selalu cek login Yahoo terakhir darimana dan oleh apa, untuk melihatnya di kategori Sign In and Security klik link View your recent login activity [10]