Memutar, menjungkirkan, dan Menulis Mundur Teks

Posted in: Komputer & IT,Teknologi Informasi,Tren Hidup |

((: ɹǝɥǝl lǝƃǝd uıʞıq u ɐʎuɐɔɐq ʇɐnq ʞǝdɐɔ ıʇsɐd¿ıuı uɐʞɹıʞƃunɾıp/ɥɐʍɐq ǝʞ ɹɐʇndıp sılnʇıp ƃuɐʎ ıuı uɐsılnʇ ʞɐƃƃu ɐɔɐq ɐsıq

Pernahkah melihat tulisan yang dijungkirkan/diputarbalikkan ke bawah (flipped upside down)? Contoh yang bisa dilihat seperti di atas. Apabila ditulis secara normal maka akan terbaca “bisa baca nggak tulisan ini yang ditulis diputar ke bawah/dijungkirkan ini?pasti capek buat bacanya n bikin pegel leher”

Berbeda lagi bila dengan membalik-mundurkan suatu teks (reverse), karena  semua teks akan dibaca dengan urutan mundur misalnya “saya” menjadi “ayas“, tetapi untuk diputarbalikkan (flipped) maka kata “saya” akan menjadi “ɐʎɐs”. Terlihat jelas kan perbedaannya, tidak hanya dibalik mundur tetapi juga diputarbalikkan ke bawah.

Tulisan Reverse (dibalik mundur) dan Flipped (diputar n dibalik mundur)

Tulisan Reverse (dibalik mundur) dan Flipped (diputar n dibalik mundur)


Jadi bila anda bosan dengan tulisan yang biasanya, maka satu hal yang patut dicoba adalah dengan cara menjungkirkan tulisan anda. Unik, memberikan ciri khas lebih, untuk pesan status personal layaknya di Twitter atau YM, user name, password, mengenkripsi link untuk terhindar dari leecher, dll.


Behind the scene

Sederhana saja sebenarnya, huruf-huruf ini sebenarnya sudah ada di font yang mendukung Unicode yaitu standarisasi font yang mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer, misalnya untuk karakter simbol/huruf/aksara Kana-Kanji Jepang, Mandarin, Hindi, aksara Bugis, Rejang, Bali, Sunda, dsb. Contoh font yang mendukung Unicode adalah Arial Unicode MS (bawaan Windows XP ke atas), Lucida Sans Unicode, Verdana, Linux Libertine, dll. Font Unicode ini ada yang free dan juga ada yang berbayar. Dengan cara memetakan ulang a dan ɐ, b dan q, dst maka kita dapat membuat script sendiri untuk menjungkirkan suatu teks.


Cara membalik tulisan secara instan?

Layanan gratis untuk menjungkirkan tulisan dapat ditemukan di banyak website, beberapa di antaranya adalah:


q



Comments

There are 4 comments


  1. abie says:

    ada film Naruto nggak COY>>>>



  2. Anonymous says:

    off dullu dah



  3. hapehatelo says:

    scriptnya gmana gan?



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart