Percepat koneksi internet, buka batas koneksi concurrent TCP/IP di Windows XP SP2

Posted in: Komputer & IT |

Diambil dan diterjemahkan dari LvlLord

Apa yang disebut EventID 4226?
EventID 4226 berarti terlalu banyak usaha untuk melakukan koneksi TCP secara bersamaan (concurrent). Usaha koneksi merupakan sebuah query ke suatu komputer, apakah menerima/berhasil terkoneksi melalui TCP atau tidak. Jika misalnya suatu komputer yang dituju tidak ada, maka akan tetap ditunggu hingga beberapa detik, hingga mencapai timeout, dan apabila itu terjadi maka usaha koneksi akan dibatalkan. Sejak XP SP2 hanya ada 10 usaha koneksi TCP bersamaan yang dimungkinkan, padahal pada SP1 tidak dibatasi.

Apa yang dipengaruhi oleh pembatasan ini?

Aplikasi dengan banyak usaha koneksi mungkin mempunyai kinerja kurang atau bahkan benar-benar buruk. Bahkan untuk web browser, email client, atau program antivirus juga terpengaruh dan memberi dampak waktu tunggu yang lama. Bahkan, program diagnotik administratif dalam suatu perusahaan juga dapat bermasalah. Singkatnya, lebih banyak masalah daripada keuntungan yang didapat.

Bagaimana mencari tahu, apakah komputer saya terpengaruh?
Lihat saja di Start/Control Panel/Administrative Tools/Computer Management/Event Viewer/System, jika terdapat entry dengan event id 4226, maka itu berarti satu waktu dimana batas konkurensi terjadi.

Saya telah membaca, bahwa dimungkinkan untuk mengubah limit melalui registry (TcpNumConnections). Benarkah?

Sayangnya tidak. Karena batas usaha koneksi bersamaan tidak ada hubungannya dengan koneksi bersamaan, maka registry-key ini tidak berguna. Sayangnya tidak ada registry-key, yang dapat memperbolehkan user untuk mengubah usaha koneksi bersamaan.

Cuplikan di atas merupakan FAQ dari website tersebut. Web ini berisi tool untuk mem-patch file tcpip.sys sehingga kita dapat men-setting batas usaha koneksi TCP/IP sesuai kebutuhan kita, default dari tool ini adalah 50. Diharapkan dengan membuka batasan ini, koneksi TCP/IP menjadi lebih banyak, singkatnya koneksi menjadi lebih cepat. Patch ini dapat didownload di page download LvlLords
Saya sendiri membuka batasan ini karena awalnya untuk mendownload torrent, yang menurut saya terasa sangat lambat yaitu 6 kBps. Setelah melalukan beberapa settingan torrent client, uTorrent (termasuk patch di atas untuk setting net.max_halfopen), akhirnya sekarang lumayan jadi kisaran 20-35 kBps, tentunya ini tergantung pula seeder dan peer nya.




Comments

There are 14 comments


  1. uzer says:

    Gan, kok waktu di extractminta CD key windows nya ya…???
    could u give solution…………..



  2. Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

    hah?kok minta cd key?apa mungkin yang ngecek protected files itu maksudnya?
    soalnya kalau ngerubah filenya sistem itu akan keluar window untuk merubah file sesuai asli atau tetap menyimpan file yang telah berubah.selain itu nggak keluar apa-apa apalagi cd key.



  3. Anonymous says:

    gan, kenapa mau didownload langsung diblacklist am kaspersky? ht2 ada malmware



  4. Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

    nggak ada kok malwarenya. emang biasanya program yg ngerubah program/sistem biasanya dianggap sebagai trojan/virus, padahal sebenarnya nggak.contohnya aja patch/crack, yang nggak punya digital signature semacamnya dianggap malware krn yg ngerubah bukan dari pihak yg berwenang.



  5. Andre says:

    Nice info gan. . .

    kunjungan perdana nih…



  6. Anonymous says:

    dari default nya 50 trus di naikkan berapa?100…



  7. n.com28 says:

    wooowww..!!!! fantastik…. thanks bro, nice patch..



  8. shun says:

    ini yang untuk menghilangkan koneksi maksimum ke satu pc ya?

    aku ada problem, database server kan d pc x, itu yang bisa akses ke sana cuman 4-5 user/client.

    apa ini untuk solusi itu?



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      Ini sebenarnya untuk membuka banyak koneksi dari komputer kita untuk keluar (akses internet/jaringan).

      Kalau masalah banyaknya connection/session atau user yang akses sekaligus (concurrency), tergantung dari konfigurasi DB server-nya sendiri dan atau juga aplikasinya.

      SQL Server contohnya max concurrent user (@@MAX_CONNECTIONS) 32767 (tapi bisa diset unlimited). Begitu juga Oracle melalui LICENSE_MAX_USERS dan/atau LICENSE_MAX_SESSIONS. Untuk MySQL kalau tidak salah konfigurasi lewat max_connection dan/atau max_user_connections.

      Mungkin perlu dicari tahu, ini errornya karena connection atau user.

      Aplikasi biasa umumnya hanya perlu single user connect, artinya 1 user (mis. root) tapi digunakan oleh banyak komputer atau dengan kata lain 1 user tapi menggunakan banyak connection, contohnya web. Berbeda dengan multi user connect dimana banyak user konek sekaligus (root, user1, user2, user3, dsb), contohnya aplikasi teller di bank atau cashier di toko, dimana tiap operator punya user sendiri-sendiri.

      Dicoba dulu konfigurasi dari servernya dan kalau memang tidak diperlukan, jangan gunakan persistent connection. Jadi setelah selesai erasi, langsung tutup koneksi, dan baru buat koneksi ketika dibutuhkan daripada kalau persistent harus standby terus padahal tidak ada operasi yang dilakukan, sehingga max connection tercapai dan akhirnya error.



  9. Pater says:

    Thanks tambahan ilmunya gan, sayang ane belum nyampe kesana ilmunya. BTW Desain blognya keren. Salam



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart