- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Memblokir Trackback Spam di WordPress

This post is also available in: English [1]

Beberapa hari ini terakhir blogku mendapat hujan spam berupa Trackback. Dalam beberapa hari saja ketika saya tidak di rumah dan sedang di Jakarta-Bogor untuk weekend saya mendapat  banyak spam, hingga 2500 lebih. Sebenarnya tujuan dari Trackback sendiri sangatlah baik namun orang picik menggunakan trackback spambot untuk menaikkan ranking web mereka. Sebenarnya apa itu Trackback dan manfaatnya dan kenapa bisa menjadi spam?

Trackback merupakan salah satu dari tiga metode tautan kembali (linkback) bagi penulis web untuk mendapat pemberitahuan ketika ada orang lain yang menautkan (linking) ke salah satu dari dokumen (laman) si penulis web tsb. Hal ini memungkinkan si penulis untuk mengetahui jejak dari siapa saja yang menautkan, mereferensi ke artikel si penulis. Jadi, misalnya kita menulis postingan, kemudian ada orang lain yang mempunyai tema sama dengan postingan kita, maka kita bisa mendapatkan informasi bahwa dia menautkan atau mereferensikan dari postingan kita secara otomatis. Di WordPress Trackback ini nantinya akan muncul di comment section (tergantung dari theme) dan kita membolehkannya melalui setingan.

Namun, sayangnya pihak-pihak tidak bertanggung jawab menggunakan trackback spambot untuk melakukan spamming ke postingan blog-blog supaya link web mereka (melalui trackback) nanti muncul comment section dan ketika search engine melakukan crawling ke blog-blog tersebut maka dapat menaikkan ranking web mereka. Padahal tautan trackback ketika ditelusuri tidak ada hubungannya dengan postingan blog tersebut atau bahkan tautan mati (dead link).

Untuk mengatasi trackback spam di WordPress, kita dapat melakukan beberapa hal:

Beberapa cara sudah saya gunakan, namun akhirnya yang menurut saya efektif adalah dengan cara mengaktifkan plugin Akismet, Captcha, dan juga Simple Trackback Validation with Topsy Blocker dan akhirnya spam yang masuk pun hampir tidak ada.