- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Lambatnya masuk Contact Details dan “Memory Full” di Nokia

Pernahkah anda menginstall aplikasi Conversation? Conversation adalah aplikasi dari Nokia yang berfungsi seperti database messaging. Berikut deskripsi singkat dari situs Nokia Conversation [1] (aplikasi bisa didownload di situs ini):

Conversation is a messaging application that allows you to follow your conversations, organized by individual contact. In addition, the application provides an easy way to reply to messages, and continue the conversations.

Saat itu saya ingin mencoba-coba saja menginstall aplikasi ini di Nokia N73 ME saya. Setelah saya menginstall beberapa waktu kemudian saya merasa ada yang aneh dengan Contacts saya. Ketika saya mencoba untuk mengedit ataupun hanya melihat details, respon dari hape saya benar-benar lambat sekali dan seringkali berakhir dengan “Memory Full” tanpa bisa melihat detail (apalagi mengedit).
Saya tidak menyadari saat itu bahwa ternyata yang menyebabkan lemotnya hape saya adalah hape tersebut. Hingga kemarin (setelah kira-kira sebulanan menginstall) ketika saya hendak “bersih-bersih” aplikasi yang jarang saya gunakan, saya melihat di App Manager terinstall Conversation dan Conversation Contact Shutter. Melihat ada kata “contact” saya kemudian berpikir “wah jangan-jangan yang menyebabkan lambatnya respon Contact adalah Conversation ini”. Akhirnya saya coba me-remove-nya dan setelah saya remove ternyata Contacts saya kembali normal. Tidak ada respon lambat dan warning “Memory Full” lagi. Phew…akhirnya Contacts saya kembali normal, sebelumnya sudah was-was dan kawatir tidak bisa berbuat apa-apa dengan Contacts saya. Alhamdulillah…