- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Instant Messenger untuk Mobile Phone

Instant Messenger (atau biasa disingkat IM) sudah banyak dikenal, aku sendiri tahu sejak ada Yahoo Messenger. Mm…Kira-kira sejak aku akhir SMA. Hanya saja IM saat itu belum terlalu digunakan oleh teman-temanku, sehingga untuk text-messaging tentu saja yang selalu digunakan adalah SMS. Aku sendiri juga tidak tahu alasannya kenapa, ketidaktahuan, kekurang familieran, atau mungkin karena cost dan waktu. Karena tentu saja waktu itu untuk menggunakan IM harus menggunakan internet (kita harus ke warnet dulu, kecuali bagi yang langganan internet). Ujung-ujungnya semua itu tidak mobile, tidak seperti SMS, dimana kita butuhkan kita dapat langsung meng-SMS.

Mulai kuliah akhirnya ganti hp (Nokia 6600), sejak saat itulah akhirnya aku install IM di hp sebagai ganti SMS (walau kedudukannya tetap tidak bisa diganti). Alasan kenapa aku memilih IM di hp karena supaya bisa chat secara real time dan berganti ke beberapa orang dengan cepat dan mudah, dan alasan utamanya adalah karena murah sekali dibanding SMS hehehe . Berikut ini IM client yang pernah aku gunakan beserta review sekilas (diurutkan berdasarkan waktu kenalnya).

  1. Agile Messenger (S60) – Ini IM client pertama yang aku kenal dan menurutku sangat bagus waktu itu (intinya karena ada log chatnya dan bisa multiple IM). Beberapa lama kemudian, Agile Messenger harus membayar untuk konek ke server, akhirnya aku tinggalkan. Tapi sekarang Agile ini sudah ada cracknya.
  2. Shape Service IM+ (s60) – IM client pengganti Agile, overall bagus dan lengkap. Tapi menurutku cost untuk GPRS-nya lebih banyak (menurutku karena tiap beberapa saat selalu ping semisal untuk mengetahui apakah user sedang typing), akhirnya aku tinggalkan juga.
  3. Yahoo Go! Messenger (S60) – IM client yang lengkap (grouping, emoticon, status, log chat~walaupun sangat terbatas~) hanya saja terbatas untuk Yahoo saja. Lagi-lagi karena cost, akhirnya aku tinggalkan selain itu juga tidak stabil (semakin lama digunakan semakin lambat responnya dan kadang-kadang tidak bisa digunakan/konek), dan yang paling menyusahkan dan menyebalkan adalah Yahoo User ID activation.
  4. Mig33 (Java) -klo mig33 ini bagusnya karena ada chatroom-nya, dan mig33 punya IM server sendiri, jadi bisa chat ke sesama user mig33 (tanpa harus konek ke YM, MSN, dll). Tapi saat itu tidak ada yang menggunakan mig33, jadi aku tinggalkan. Ternyata setelah lama tidak menggunakan, malahan teman-teman banyak yang pakai saat itu… Capek deh…
  5. Yehba (s60) – Akhirnya IM client yang paling favorit dan paling bagus karena low cost (benar-benar irit deh). Sayangnya tidak ada log chat-nya. Status juga masih bermasalah, seringkali (hampir tiap saat mungkin) custom status tidak terpampang sebagaimana seharusnya. Sejak menggunakan Yehba ini 18 jam sehari pasti online, tentu saja dengan konsekuensi hp harus dicharge tiap hari (atau tiap setengah hari? Capek deh…).
  6. IM Java lainnya seperti Morange, eBuddy, dll – Sempat menggunakan yang berbasis Java, tapi karena fasilitasnya yang begitu-begitu saja jadinya aku tinggalkan.
  7. Yehba (Java) – Sejak ganti Nokia N73 yang menggunakan Symbian s60 3rd Edition, Yehba Symbian tidak lagi bisa digunakan (hanya support hingga s60 2nd Edition). Akhirnya, walau tidak begitu suka yang berbau Java (karena biasanya minim fasilitas, beda dengan yang versi Symbian yang “rich”), Yehba versi Java ini yang kugunakan.

Bisa dikatakan kalau aku jadi tester IM client hehehe. Kemarin sempat download Slick (dari Lonely Cat Game karena masih testing, jadi free), sekilas sepertinya bagus sih ~dari initial featurenya yang masih tahap testing sudah terbilang “wah”~, hanya saja tidak tahu lagi bagaimana cost nya, semoga semurah Yehba. Selain itu juga aku download Palringo, tapi aku sendiri juga belum install jadi review-nya kapan-kapan saja sekalian review IM client yang menurutku paling bagus (bukan berarti bagus secara umum, pendapat boleh beda kan dan tidak bersifat memaksa, tapi malah memberi referensi).