Cagnet, Lagu & Musik di Balik Long Vacation & Long Generation

Posted in: Dorama & Film,Musik & Lirik |

Pernah melihat dorama Long Vacation dan Love Generation? Dorama-dorama yang dibintangi Takuya Kimura dan Matsu Takako ini sangat layak ditonton dan pernah diputar di salah satu televisi swasta beberapa tahun lalu. Sepanjang dorama ini selalu diputarkan soundtrack lagu dan instrumental indah nan keren. Semua itu berkat kerja keras Cagnet dan Daisuke Hinata yang telah menciptakan suara-suara merdu tersebut.  Berikut ini adalah secuplik profil Cagnet dan prestasinya.

Profil Cagnet


Cagnet

Cagnet

Cagnet merilis debut di asalnya sana yaitu Groove Radio di bawah indie label Hyperdisc Records.

Cagnet awal mulanya merupakan gagasan dari produser terkenal internasional yang merupakan lulusan dari Berklee School of Music, Daisuke Hinata. Daisuke adalah sosok yang dinominasikan Grammy dan beberapa single Top Ten di Jepang yang akhirnya mendirikan Hyper Image Studios di Santa Monica sebelum memulai kolaborasinya dengan gitaris terkenal Bud Rizzo. Bersama-sama mereka kemudian merekrut talenta-talenta top yang menciri-khaskan energy groove dari Santa Monica yang tengah berkembang dan Cagnet pun akhirnya lahir.

Vokalisnya sekaligus leader yang soulful, Anna McMurphy, backing vokalis Natalie Burks, gitaris Inggris Rowan Robertson, drummer Jimi Paxson, dan bassist Perry Frank. Bersama-sama mereka mengadopsi sebanyak mungkin pengaruh genre Brazil, Afrika, Jepang, Amerka, dan Inggris dari pop, funk, techno, jazz, dan juga RnB. Dengan energi Daisuke yang bervisi global, Cagnet menggabungkan nadi dari pengaruh genre-genre yang didapat untuk membentuk suara khasnya.

Single pertama Groove Radio, “Deeper and Deeper” dengan cepat memperoleh tempat di banyak pendengar. Lagu ini kemudian menjadi lagu fitur MTV’s top-rated series “The Real World” dan “Road Rules”.

Album ini di belantika internasional menjadi  fitur top hits musim panas EMI Record’s Now 5 CD series, yang dijual hingga 500.000 unit kopi diseluruh dunia. Di Jepang, “Deeper and Deeper” memperoleh penghargaan Platinum setelah benar-benar sukses menjadi lagu soundtrack dorama “Long Vacation”. Dengan kontribusi Cagnet, album soundtrack Long Vacation menjadi penjualan tertinggi dalam sejarah dan mendapat penghargaan prestigious “Gold Disc” di Jepang untuk soundtrack pop paling top dalam tahun itu.

Long Vacation soundtrack.

Long Vacation soundtrack.

Pujian dan penghargaan internasional dengan cepat diperoleh kemudian, termasuk dua tur SRO di Asia Tenggara, yang dengan cepat menduduki tempat yang sebelumnya didapuk oleh Alanis Morissette dan Beck. “Rage in the Sky” dari hit Groove Radio no. 1 yang dirilis di Jepang mendapat tempat teratas selama empat minggu. Selama selang waktu enam bulan, fenomena kesuksesan Cagnet ditangkap di empat rockumentaries Asia Tenggara.

Dengan semangat pionir sejati, Cagnet kemudian dipilih untuk berpartisipasi dalam konser groundbreaking Internet yang memanfaatkan teknologi on-line yang tengah muncul. Member Cagnet kemudian dibagi di Hyper Image Recording, studio Santa Monica dan aula konser Tokyo Beam dengan menggelar pertunjukan serentak melalui transmisi hi-definition Internet Link via satelit yang melintasi Pasifik. Sukses hebat, inovasi Internet ini kemudian dirangkul menjadi sebuah bentuk media musik baru yang vital.

Groove Radio juga merupakan rilis pertama di US untuk Hyper Disc Records melalui kerjasama distribusi yang baru dengan EMI. Sejak debutnya Cagnet memperoleh berbagai penghargaan untuk pencapaian musikal mereka, termasuk Best Pop Soundtrack, ADLIB Magazine; Gold Disc Award untuk Best Pop Album di Jepang; Gold Album untuk soundtrack Love Generation (baca juga tentang Love Generation ulasan saya) dan Long Vacation; FM Select Radio Awards untuk Best Upcoming International Artist dan Best New International Artist; HITS Radio Awards untuk Best International Artist.

Discography





Comments

There are 7 comments


  1. ichi says:

    sugoi na uta…….^^



  2. ichi says:

    wah…..suka jepang stuff juga ya?????punya koleksi apa ja…….

    ………
    lam kenal
    ^^



  3. Anonymous says:

    hi ikutan dunk, i like japan stuff jg n koleksi lagu2 jepang :D. slm kenal semua…



  4. rie says:

    True True ost love generation nya itu…tu….. ajibbb dahh..



  5. Noru says:

    haaa, domou atas infonya…..!
    *barusan nonton Long Vacation lagi setelah bertahun-tahun lalu
    beneran dorama yg apik :)



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart