Backup dan Simpan Data Ponsel Nokia (Bagian 1)

Posted in: Gadget & Phone,Teknologi Informasi |

This post is also available in: English

This post is also available in: English

Backup yang berarti menyimpan data  di tempat sekunder sebenarnya menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan secara teratur, karena kita tidak tahu kapan ponsel yang kita gunakan akan error atau bahkan parahnya bila ponselnya hilang, dan data di dalamnya akan hilang. Data yang penting biasanya adalah Contacts/Phonebook, SMS, Notes, dll. Contacts dan SMS biasanya berisi informasi penting, apalagi bila mengkoleksi SMS yang dikirimkan orang tersayang misalnya. Ponsel Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian biasanya yang terkadang rewel bila kita tidak tahu bagaimana cara merawatnya dan berimbas hilangnya data, seperti gambar, dokumen, dan SMS atau MMS. (Baca juga tentang Smart Phone dan Featured-Phone)


Hasil Backup Berupa File Archive Backup Terkompres

Aplikasi Memory untuk membackup dan merestorasi data di ponsel Nokia

Aplikasi Memory untuk membackup dan merestorasi data di ponsel Nokia

Ponsel Nokia sebenarnya sudah dibekali dengan fasilitas internal Backup & Restore yang berguna untuk menyimpan data-data yang ada di ponsel seperti keadaan ketika sebelum di-backup, dan dapat dikembalikan lagi suatu saat ke keadaan sewaktu backup dilakukan melalui proses restorasi. Beberapa data yang disimpan dalam proses backup antara lain, Contacts/Phonebook, Messages (SMS, MMS), Calendar, To-Do, Notes, dan file-file lain yang tersimpan di memori ponsel. Fasilitas ini terletak di aplikasi Memory. Beberapa fungsi yang bisa ditemukan di aplikasi ini adalah:

  • membuat file backup (Backup phone mem),
  • mengembalikan/merestorasi data  dari hasil backup (Restore from card),
  • mem-format memory card ke keadaan kosong (Format mem. card),
  • memberi nama label memory card (Memory card name),
  • men-set password memory card (Set password)
  • melihat detail penggunaan memory card dan ukuran filenya (Memory details)
1. Menu untuk membackup data. 2. Menu untuk merestorasi data dari backup yang pernah dibuat.

1. Menu untuk membackup data. 2. Menu untuk merestorasi data dari backup yang pernah dibuat.

File hasil backup ini disimpan di memory card (bila dilihat di file manager ponsel, maka terletak di drive E:\) di folder \Backup\, dan bila dilihat di komputer melalui memory card reader akan jadi seperti E:\Backup (bila E:\ adalah drive untuk memory card). Contoh file backupnya adalah \Backup\Backup.arc

Selain menggunakan aplikasi built-in yang sudah ada di ponsel, kita juga bisa menggunakan Nokia PC Suite. Tentunya karena program ini berjalan di komputer, dibutuhkan koneksi dari komputer ke ponsel kita, bisa menggunakan kabel data, infrared, atau bluetooth. Disarankan sebaiknya menggunakan kabel data karena kecepatan akses datanya. Untuk ponsel Nokia terbaru disediakan Nokia PC Suite versi universal, tetapi untuk ponsel Nokia yang lama ada perkecualian, seperti Nokia 6600 disediakan Nokia PC Suite for 6600 (tapi dengan fitur-fitur yang tidak selengkap Nokia PC Suite universal terbaru).

Nokia PC Suite - Nokia Content Copier untuk membackup dan merestorasi ponsel Nokia menggunakan komputer.

Nokia PC Suite - Nokia Content Copier untuk membackup dan merestorasi ponsel Nokia menggunakan komputer.

Nokia PC Suite universal menyediakan Nokia Content Copier untuk membuat backup & merestorasi data dari hasil backup. File hasil backup Nokia PC Suite ini berekstensi .NBU berbeda dengan file backup aplikasi internal ponsel yang  berekstensi .ARC sehingga tidak bisa saling dipertukar gunakan.

Untuk membackup SMS, kedua cara di atas hasil backup-nya tidak bisa dibaca secara langsung, tetapi harus melalui proses Restore baru kita bisa melihat hasil backup SMS nya di ponsel kita.

Sebagai catatan, semua informasi terkini akan hilang apabila kita melakukan restorasi dari hasil backup sebelumnya. Oleh karena itu, jangan melakukan restorasi apabila kondisi ponsel kita masih stabil dan tidak ada error, karena akan menghilangkan data yang terbaru dan tergantikan dengan data dari hasil backup.




File backup .ARC dan .NBU sebenarnya bisa diekstrak dan diambil file-file dan data di dalamnya, layaknya seperti  file compression .ZIP dengan menggunakan program pihak ketiga (3rd party), Noki v2.0 (http://www.nokisoft.com/). Program ini bisa mengekstrak Contacts/Phonebook, SMS, MMS, Calendar, Memo, Email,  Bookmark,  dan juga file-file lainnya. Hasilnya serta dapat  diekspor ke Microsoft Outlook and Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Firefox, IE dan Nokia PC Suite. Fitur selengkapnya dapat dilihat di Noki | Features.

Noki - program untuk eksplorasi dan ekstrak file backup Nokia PC Suite .NBU dan .ARC.

Noki - program untuk eksplorasi dan ekstrak file backup Nokia PC Suite .NBU dan .ARC.





Comments

There are 18 comments


  1. brainware says:

    wah2, lagi nyari2 info tentang backup – membackup sms nokia nih, ketemu blog ini ,eheheh

    salam kenal, nice info bro! :)



  2. Tyo says:

    Akhirnya q temukan juga kau…
    Tlah lama q menunggu…
    Tq ya atas software_a. s’x lg trima kasih ya…



  3. azzin says:

    mas, yg alur tulisannya agak rumit…^_^,
    tuk software noki 2.0 tuh ada linknya lagi tidak??
    kalau backup online ada ga ya?

    makasih …



  4. nunu says:

    t9 bgt yahh.. blog nya membantu bgtt.. lam knl yaa :-)



  5. Anonymous says:

    saya pernah backup data ke mem.card dan ternyata setalah HP nokia e63 saya di format ulang dan saya mau restore balik ternyata memcard saya corup dan tidak di bisa di buka,oleh teman saya di format ulang lalu pakai program recovery dan berhasil menemukan beberapa file .arc dan sy coba copy ke memcard tapi di hp sy tidak bisa di restore.apakah saran anda supaya sy bisa menemukan kembali data saya.tq



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      wah kalau terjadi semacam itu sih,kemungkinan besar sulit.apalagi mem card sudah diformat dan kalaupun di-recovery biasanya file hasil perbaikannya sangat besar kemungkinan pasti rusak.coba dulu dibuka pakai program Noki atau Nokia Backup Explorer, kalau bisa dibuka kemungkinan beberapa file bisa direcovery.



  6. arief says:

    misiii, mo tanya ni, gmn ya cara nya merecover data yang terdelet di memori internal nokia 6760?
    makasich



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      untuk file yang terhapus di memori internal walau secara teoritis dimungkinkan, namun sepertinya sampai saat ini tidak ada tool yang dapat me-recovery (karena secara teknis Symbian SDK tidak menyediakan API untuk melakukan hal ini). yang memungkinkan ya kalau filenya di memori eksternal.



  7. montellacruise says:

    put, hapeku yg EE71 ilang n sekarang jd BB, bingung mo buka file backup .nbu -nya n googling cari caranya, eh link nya ke blog kamu.. makasih ya put.. arigatou gozaimasu!



  8. montellacruise says:

    put, hapeku yg EE71 ilang n sekarang jd BB, bingung mo buka file backup .nbu -nya n googling cari caranya, eh link nya ke blog kamu.. makasih ya put.. arigatou gozaimas



  9. haruna ono says:

    bang nokia gw ilang trs gw belinya samsung..,ada solusi buat converter ato viewer buat file .nbu,gw udah ada backupnya..
    apa hrs minjem nokia tmn aj trs backup diphone dia.. wkwkwk
    klo tau bagi solusiny thx be4 :D



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      Samsungnya OS nya apa ya? kalau pakai Android sih, aku sudah pernah nyoba mindahin (tapi entah kenapa ada beberapa no telp yang nggak kekopi, mungkin akunya agak salah). jadi coba aja, extract file contactnya lewat Nokia NBU Explorer, simpan semua contact ke file .VCF. terus tinggal convert aja.
      kalau aku sih dulu seperti ini:

      pakai hape Nokia
      contact di hape itu aku backup sebelumnya (aku simpan ke .VCF nya dulu), terus aku hapus semua contact
      import file-file .VCF yang diinginkan lewat Nokia PC Suite – Communication Centre (walau hape-hape dikatakan tidak mendukung Nokia PC Suite, tapi Communication Centre nya support)
      simpan semua contact ke file .CSV
      import file CSV ke hape Android



  10. mamad says:

    makasih infonya bero, sangat membantu :)



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart