Backup dan Simpan Data Ponsel Nokia – SMS (Bagian 2)

Posted in: Gadget & Phone,Teknologi Informasi |

This post is also available in: English

Aplikasi di bawah menggunakan Nokia PC Suite bukan Nokia Suite/Ovi Suite, berbeda nama sedikit tapi kenyataannya aplikasi yang benar-benar berbeda.

Di bagian sebelumnya dijelaskan secara singkat untuk backup data keseluruhan, untuk bagian kedua ini lebih banyak mengulas untuk backup SMS.

Isi pesan SMS pasti ada yang penting bagi kita, karena itu sebaiknya dibackup secara berkala. Lagipula ponsel Nokia bersistem operasi Symbian biasanya akan melambat performansinya bila kita menyimpan banyak sekali SMS dan dapat berakhir ngadat dan hang. Dari pengalaman yang sudah sudah dan dari ponsel yang pernah saya punya, Nokia 6600 ngadat setelah SMS yang tersimpan lebih dari 3000/3500-an, sedangkan Nokia N73 yang sekarang saya miliki biasanya ngadat setelah SMS yang tersimpan lebih dari 2500-an. Kalau sudah ngadat begini, biasanya muncul pesan Memory full. Close applications and try again“. Jadi, supaya tidak terjadi hal-hal semacam ini, harus selalu membackup dan menghapus SMS.

Hasil Backup Berupa File Teks

Untuk membackup SMS dan mengkonversinya menjadi file teks (misal, file .TXT, file .HTML), ada dua cara yaitu langsung lewat ponsel atau lewat komputer.

Melalui Komputer

Nokia Communication Centre - Nokia PC Suite, selain untuk membuka dan mengirim SMS juga bisa digunakan untuk membackup SMS.

Nokia Communication Centre – Nokia PC Suite, selain untuk membuka dan mengirim SMS juga bisa digunakan untuk membackup SMS.

Tentunya untuk yang melalui komputer sebelumnya diperlukan koneksi seperti infrared, bluetooth, atau kabel data. Cara yang paling mudah adalah melalui Nokia PC Suite menggunakan Nokia Communication Centre (dengan icon Messages). Kegunaan Nokia Communication Centre antara lain adalah:

  • untuk melihat & mengedit Memo dan To-Do Calendar,
  • melihat & mengedit Contacts,
  • melihat, membuat, & mengirim SMS-MMS.

Bila kita lihat di menu Edit, terdapat fasilitas Copy & Paste di Nokia Communication Centre.  Fasilitas inilah yang dapat kita gunakan untuk membackup SMS-MMS (serta Contacts, dibahas berikutnya).

Langkah-langkah untuk membackup adalah:

  1. Pilih SMS-SMS (bisa juga sambil menggunakan klik mouse sambil menekan tombol CTRL atau SHIFT, atau CTRL+A untuk pilih semuanya).
  2. Copy SMS tersebut (tekan CTRL+C atau Edit » Copy).

    Pilih SMS yang akan dibackup kemudian copy (CTRL+C atau menu Edit » Copy).

    Langkah 1. Pilih SMS yang akan dibackup kemudian copy (CTRL+C atau menu Edit » Copy).

  3. Masuk ke Windows Explorer dan paste SMS yang kita copy tadi di folder yang kita inginkan (tekan CTRL+V atau Edit » Paste).

    Langkah 2. Masuk ke Windows Explorer, pilih folder, kemudian Paste (CTRL+V atau Edit » Paste) di folder tsb.

    Langkah 2. Masuk ke Windows Explorer, pilih folder, kemudian Paste (CTRL+V atau Edit » Paste) di folder tsb.

File hasil dari paste-nya berekstensi .VMG (Nokia Text Message) karena berupa file teks, maka bisa kita buka dan baca isinya dengan program editor teks, misalnya Notepad atau Wordpad. Sedangkan apabila kita ingin mengkonversi file-file .VMG ke file lain misalnya Excel XLS, PDF, Word DOC, TXT, HTML, RTF, XML, dan lain sebagainya, salah satu program freeware yang powerful adalah ABC Amber Nokia Converter dari ABC Amber Conversion & Merging Sofware, ProcessText Group yang mengkhususkan dalam hal konversi teks.

Seingat saya ada beberapa program lain yang bisa digunakan seperti Nokia PC Suite, dan mempunyai fasilitas seperti Nokia Communication Centre dan bisa juga digunakan untuk membackup, beberapa program yang pernah saya gunakan adalah MOBILedit! serta Oxygen Phone Manager. Tapi di tulisan ini tidak dibahas tentang kedua program tsb.

 

Melalui Ponsel

Untuk membuat backup SMS-SMS dan mengkonversikannya ke file teks dapat digunakan beberapa program yang tersedia, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Program-program yang tersedia ini tergantung dari sistem operasi yang digunakan ponsel Nokia kita, layaknya Windows atau Linux di komputer kita, dan juga versi yang mana. Nokia sekarang ini menggunakan sistem operasi Symbian (baca selengkapnya di Wikipedia). Sistem operasi Symbian ini juga telah mengalami beberapa evolusi sehingga memiliki beberapa versi yang setiap saat selalu dikembangkan.

Untuk Symbian s60 / Symbian OS 7.0 dan 7.0s (misal Nokia 3230, 6260, 6600, 6670, 7610,  N70)

  • SMS Suite
  • Sprite Backup
  • SMS Exporter

Untuk Symbian s60 3rd Edition / Symbian OS 9.1-9.3 (misal Nokia N73,N80,N91,N92,N93,N95,E50,E60,E61,E62)

  • SmsBackUp 0.7
  • Siraj X-SMS v1.0 + v1.5
  • Wireless Lab Message Mirror Standard 2.0
  • Wireless Lab Message Mirror Lite 1.20

Untuk Symbian s60 5th Edition / Symbian OS 9.4 (misal Nokia N97, Nokia 5800 XpressMusic)

  • Wireless Lab Message Mirror Standard 1.60

 




Comments

There are 82 comments


  1. Uciha Madara says:

    gag kelihatan gan…

    tipe hpnya Nokia E63 symbyan 3rd.

    simpan messagenya di memory card.

    seumpama di restore itu file pesan yang ada di hp akan terganti sma yang ada di dalam file .NBU tadi kan gan ?



    • Adikara Putra (Hikaru Yuuki) says:

      Iya harusnya pesan2 di HP bakal dihapus dan diganti dengan yang ada di NBU, jadi sebelumnya dibackup dulu pesan2 yang di HP dan cek pesan2 di NBU pakai NBU Explorer. Takutnya kalau pesan yang di NBU ternyata tidak ikut dibackup atau tidak sesuai yang mau dikembalikan.



  2. Uciha Madara says:

    makasih gan.
    oiya ane tetep ajah gag bisa backup pesan :(

    bisa kasih screen shoot langkah pakai nokia pc suite waktu backup pesan saja ?
    ane bingung yang di centang mana ajah…



Speak Up!

Leave your own comment

Notify me of follow-up comments via e-mail (or subscribe here).




 

Share

Subscribe Feed

Email

Facebook

Twitter

Delicious

Digg

StumbleUpon

Google Buzz

Deviantart