- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

Pengalaman pertama ke kantor imigrasi

 

Hari ini beda ma hari-hari biasanya. Biasanya pagi-pagi jam 1/2 8 jemput Ibnu trus ke kantor tapi hari ini nggak. Ibnu aku sms buat berangkat ke kantor sendiri. Soalnya hari ini ada jadwal ke kantor imigrasi buat, apalagi kalo ga ngurus passport ~ya iyalah masa’ beli tempe lol ~. Ini sebenarnya karena kantor memutuskan aku untuk bikin passport ya aku ikut aja. Lumayan dapat passport gratis n karena kantor yang buatin jadi ya free charge hehehe. N katanya kantor sudah ada yang ngurusin semuanya, jadi hari ini tinggal foto aja. Namanya tu pak B**o, katanya sih dia calo gitu. Trus pagi² aku telpon ke orangnya tanya ketemu dimana n kantor imigrasi tu sebenarnya dimana sih. Akhirnya dia jelasin ketemu di loket 9 jam 8, n britau kantornya itu di mana.

Jam 1/2 8 berangkat ke kampus dulu buat ambil SKL n transkrip. Ternyata masih harus bayar lagi cuma buat gitu doang?? 40 rebu lagi ckckck. nggak tau sebenarnya itu memang syaratnya berat (apalagi minjem ijazah buat fotokopi katanya harus njamin kan satu juta ) atau memang tradisi birokrasi Indonesia yang sudah terbiasa dan hobi memberatkan atau gimana juga ga tau.

Dari kampus trus baru ke kantor imigrasi. Oiya belum bilang kalau sebenarnya aku dianterin pap. soalnya males naik motor jauh-jauh gitu belum lagi ntar harus balik ke kantor. jadi ya minta dianterin aja, lagipula emang lagi ga enak badan, n kaki juga sakit. Awalnya ragu bisa sampai di sana jam , eehh.. ternyata gak disangka sampai juga jam 8 pas hihihi.

Trus yawda nelp bapak yang tadi tu. akhirnya tau juga orangnya yang mana, soalnya yang angkat telp cuma dia. setelah aku pikir-pikir kok ga kayak calo. setelah aku amati ternyata yang ‘gitu’ itu pake hem biru n pake ID card. denger² sih katanya bagian pelayanan jasa ~hmm… mungkin bahasa halusnya gitu~. lamaaaa…. nunggunya.mungkin 1 1/2 jam-an. mpe bosen banget, akhirnya daripada nganggur ya baca-baca aircraft engineering n maintenance sambil dengerin lagunya Bt’X ~ Sailing form my dream n Boku no Iki Kata. Wah kalo si Elly ada, pasti ngiler-ngiler disini soalnya ada bule. gak tau sama istrinya atau siapa yang jelas kayaknya orang jawa keturunan ~masih cantikan si Elly kok, takut digebukin ma Elly klo bilang macem-macem ~

Setelah lama penantian akhirnya dipanggil juga ~padahal dapet no antrian 16 tapi kok lamaaaaanya kayak gitu~. akhirnya masuk ditanya-tanya dikit gitu. akhirnya disuruh foto. Eh, pas dah masuk trus dokumennya di cek lag, ditanya biodata bla bla bla. Eh trus orangnya bilang “loh, disini kok jenis kelaminnya perempuan?”. Waaakkkzz, kok bisa-bisanya orang sampe salah gitu, dah jelas-jelas dari namanya gitu. Blind kali orang yang nge-entriin data atau lagi kesambet sesuatu penampakan. Akhirnya yawda aku balik ke loket 6 – Biometrik buat ngurus itu. Akhirnya selesai diprint, trus balik ke tempat foto n sidik jari. Selesai itu trus akhirnya pulang. Di rumah karena capek ya… baca-baca koran dulu ~coba gitu bisa makan & minum hehehe~. Akhirnya balik lagi ke kantor, melewati hari dengan kecapekan…