- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

2 Perusahaan Storage Bergabung, WD Mengakuisisi Hitachi GST

Produk-produk eksternal hardisk dari Western Digital (WD) merupakan favorit saya dalam hal penyimpanan. Sudah 4 hardisk eksternal WD yang saya miliki dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir: 1 hardisk 2.5″ WD Passport, 2 hardisk 3.5″ WD MyBook Home Edition 1 Tera, dan 1 hardisk 3.5″ WD MyBook Essential Edition 2 Tera. Rencananya pun dalam waktu dekat ini ingin membeli 2 Tera lagi, namun di Malang akhir-akhir ini hardisk WD sulit di dapat. Sudah beberapa toko saya datangi tapi yang ada hanya menjual produk hardisk yang saya tidak yakin dan tidak sreg dari segi reliabilitasnya. Walau mereknya sudah terkenal di produk lain sekalipun saya masih mempercayakan masalah hardisk ke WD. Saat ini saya hanya menggunakan hardisk Western Digital, perusahaan yang sudah besar dan menjadi lebih besar lagi setelah mengakuisisi perusahaan penyimpanan lain Hitachi Global Storage Technologies. WD membeli Hitachi GST sebesar $3.9 miliar. 

WD baru akan beroperasi dengan WD Technologies dan HGST sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki. Sebagai Chief Executive Officer WD, John Coyne mengepalai kantor baru CEO, dengan Steve Milligan sebagai Presiden, Tim Leyden sebagai Chief Operating Officer dan Wolfgang Nickl sebagai Chief Financial Officer

Ketika saya dulu masih SMP, saya masih ingat saya cuma tahu tiga perusahaan hardisk, Seagate, Quantum, Hitachi GST. Setelah Quantum diakuisisi oleh Maxtor, Maxtor pun pada akhirnya juga diakuisisi oleh Seagate Tech. Dua perusahaan besar yang saling bersaing sampai sekarang adalah Seagate dan Western Digital, walaupun masih banyak perusahaan yang juga ikut berlomba-lomba mengembangkan media penyimpanan internal maupun eksternal, seperti Samsung. Kedepannya mungkin masih banyak lagi yang saling berlomba-lomba mengakuisisi perusahaan lain.

In the end, who’s the last stand?