- Hikaru {Aka} Yuuki のブログ - http://www.hikaruyuuki.com -

150 tahun Keio University, Japan

Keio University [1]
Awalnya Yukichi Fukuzawa mendirikan sekolah untuk pendidikan Dutch di Edo (sekarang Tokyo) pada tahun 1858, yang nantinya menjadi cikal bakal universitas Keio. Sekolah ini kemudian memfokuskan pada pendidikan English pada tahun 1863. Di tahun1868, sekolah ini berpindah lokasi dan diubah namanya setelah Era Keio. Tiga tahun kemudian, sekolah Keio dipindah ke Mita, situs utama kampus Keio University. Keio kemudian menjadi institusi pendidikan komprehensif yang terdiri dari perguruan tinggi, sekolah dasar, dan menengah pertama di tahun 1898. Tahun berikutnya, Keio menjadi universitas swasta pertama yang mengirimkan mahasiswanya untuk studi diluar negeri, empat mahasiswa ke Jerman, dua ke United States.

Keio dari awal pendirian hingga sekarang berkembang pesat. Pada tahun 2008 ini, Keio memperingati 150 tahun pendiriannya. Congrats selalu buat Keio University! Keep on going and be the best!

Fukuzawa believed that Japan’s only choice for catching up with Western technology and social organization was to “always strive for progress and enlightenment, and provide the academic and moral education needed to create a generation of wise and capable leaders.”

Nasionalisme bisa dikatakan yang membuat suatu bangsa dan negara itu maju, seperti visi Fukuzawa yang selalu yakin bahwa Jepang yang hanya mampu menggungguli kekuatan Barat. So, bagaimana dengan pemuda pemudi Indonesia apalagi setelah memperingati Hari Kemerdekaan kemarin??